Saat ini, banyak sekali ditemukan bisnis minuman kekinian yang sudah marak tersebar di Indonesia. Salah satunya adalah Kopi Kenangan dengan strategi branding-nya dalam menarik ketertarikan masyarakat untuk membeli produknya.
Keberhasilannya dalam mengembangkan bisnis tersebut sukses membuatnya memperoleh pendanaan seri C senilai 1,3 triliun. Apalagi dinobatkan sebagai unicorn pertama di bidang industri F&B.
Lalu bagaimana kisah perjalanan dari brand tersebut hingga memberikan perkembangan pesat pada bisnisnya? Tentunya diperlukan konsistensi untuk terus bertahan dan beradaptasi pada perubahan zaman, simak pembahasan berikut ini.
Omset Kopi Kenangan Hingga Dijuluki Sebagai Unicorn
Kopi Kenangan merupakan brand bisnis dalam bidang Food & Beverages yang mempunyai fokus pada industri coffee chain. Konsep bisnisnya mengusung grab and go dan menghadirkan produk lokal di Indonesia.
Merk ini nyatanya mampu mengalami tumbuh serta berkembang secara konsisten lewat penyajian secara high quality. Apalagi kini gerai kopinya telah tersebar di sebagian besar wilayah Indonesia.
Tidak hanya dari segi penyajian saja, tetapi juga menggunakan produk biji kopi lokal pilihan. Proses penanamannya langsung dilakukan oleh petani dalam negeri, salah satunya berasal dari wilayah Banjarnegara.
Perusahaan tersebut dijuluki sebagai unicorn karena telah sukses meraup profit hingga lebih dari 1 miliar USD. Kesuksesannya itulah yang menjadikan kisah perjuangannya semakin menarik untuk dibahas dan diketahui.
Terinspirasi Melihat Antrean Panjang Lalu Buka Usaha
Kopi Kenangan ini didirikan oleh Edward Tirtanata yang merupakan CEO dari bisnis F&B tersebut. Selain itu, ada juga Chyntia Chaerunnisa dan James Prananto berposisi sebagai co-foundernya.
Awal mula dijalankan sejak tahun 2017 sampai sekarang telah membuka berbagai gerai bisnisnya. Dimulai dari kekaguman Edward melihat banyak orang ingin membeli produk minuman membuatnya menjadi terinspirasi.
Dari sanalah peluang bisnis itu muncul, hingga akhirnya diwujudkan secara langsung dalam kenyataannya. Lewat kerja keras dengan kedua rekannya membuka gerai pertama yang berada di Menara Standard Chartered.
Modal awal sebagai langkah dalam membuka bisnisnya dimulai dari nominal 150 juta rupiah. Keberaniannya ketika memasang modal yang amat besar nyatanya akan berbalik menguntungkan bisnisnya semakin berkembang.
Tidak Perlu Waktu Lama Membalikkan Modal
Menariknya, pada pembukaan gerai kopi pertama hanya memerlukan waktu selama tiga bulan untuk membalikkan modalnya. Tanpa berlama-lama, hasil keuntungannya dibuat untuk membuka gerai kopi kedua.
Meskipun tidak secepat yang pertama, namun justru tetap membalikkan keuntungan dalam kurun waktu kurang lebih 4 bulan. Lalu, pada tahun 2018 investor mulai menanamkan modalnya sampai angka 1 juta dollar.
Selang satu tahun kemudian, brand tersebut semakin memperoleh modal investasi lagi. Beberapa nama perusahaan yang turut menanamkan modalnya adalah milik rapper internasional ternama seperti Jay-Z dan atlet tenis Serena Williams.
Dalam waktu kurang dari 3 tahun, brand Kopi Kenangan perlu berhadapan dengan penyebaran virus Covid-19. Hingga berujung di tahun 2020, potensi dari bisnisnya yang semula tinggi semakin mengendor dan merugi.
Mencari Peluang untuk Tetap Bertahan Saat Pandemi Terjadi
Meskipun harus mengalami kendala pada saat pandemi Covid-19, namun tak membuatnya terus melandai. Bahkan, lebih pesat lagi perkembangannya. Dibuktikan pada tahun 2021 sudah berhasil diresmikannya cabang dengan total 500 gerai.
Gerai tersebut tersebar di 45 kota besar yang terdapat di negara Indonesia. Lebih dari 3000 tenaga kerja sudah dipekerjakan, perkembangannya semakin memberikan keberanian untuk menambah produk baru berupa roti. Diberi nama sebagai cerita roti menjadi langkah awal sebagai upayanya dengan memperluas jangkauan pasarnya. Selain itu, mereka juga dapat lebih banyak menargetkan konsumen jika mengeluarkan produk makanan seperti ini.
Lebih dari 40 juta cangkir berhasil dijualnya kepada para konsumen yang menyukai produknya. Dapat dikatakan menjanjikan keuntunggan menggirukan membuatnya semakin berkembang dan mendatangkan investor agar berinvestasi.
Membuka Outlet Baru Hingga Memperoleh Rekor MURI
Ratusan outlet menjadi cabang dari brand “Kenangan”, menutup akhir tahun 2021 dibuka kembali gerai baru. Lokasinya terletak di daerah Batam dan Manado dan tetap pada fokusnya menjadi jaringan F&B non-waralaba.
Lewat konsep new retail membuatnya tumbuh pesat di Indonesia dan semakin melebarkan sayapnya ke titik lokasi daerah baru. Tetap fokus pada pengembangan industry kopi lokal membuatnya membuka 10 cabang baru. Di antaranya adalah 5 cabang berada di Batam, sementara 5 lainnya ada di Manado. Di tahun 2022, brand satu ini telah berhasil membuka 100 gerai per kuartal demi memenuhi target pemasarannya.
Pada 18-24 April 2022 dibuka 26 outlet secara resmi di 13 kota di Indonesia. Berkat pencapaiannya itu, diraihnya rekor MURI (Museum Rekor Dunia Indonesia) atas pembukaan outlet terbanyak dalam seminggu.
Buka Gerai Baru di Malaysia dengan Nama “Kenangan Coffee“
Nyatanya tak cukup berada di Indonesia, kini Kopi Kenangan sudah mempunyai gerai di Malaysia. Outlet pertamanya berada di Suria KLCC, Malaysia, dan menjadi langkah awal untuk mewujudkan misi ekspansi globalnya.
Pembukaan outlet tersebut dibuka secara resmi oleh pendiri brand-nya yakni Edward Tirtanata sebagai CEO beserta Co-Foundernya. Selain itu, juga turut dihadiri Sandiaga Uno selaku Menteri Pariwisata Ekonomi Kreatif secara online. Ikut hadir serta Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf yakni Ni Made Ayu Marthini yang langsung datang ke lokasi. Ternyata tujuan dari pembukaan di Malaysia dikarenakan rasa suka penduduknya.
Selain itu, perkembangan kopinya juga stabil, terkhusus pada model bisnis grab and go serta keingintahuan mencoba hal baru. Proyeksinya terbilang menjanjikan lewat transformasinya dalam menerapkan ekonomi digital sehingga cukup berpeluang.
Berbisnis Sembari Memperkenalkan Kopi Kualitas Terbaik
Kopi Kenangan membuka oulet di Malaysia nyatanya juga digunakan sebagai wadah dalam memperkenalkan kopi Indonesia. Sehingga, kopi Indonesia yang berkualitas semakin tersebar cita rasanya di negara lain. Meski menawarkan kualitas terbaik dari biji kopinya, tetapi dari segi harga juga cukup terjangkau. Menikmati segelas kopi dengan mudah, jadi bisa dijangkau atau dicoba oleh semua kalangan.
Namun, apakah Anda tahu jika nama outletnya bukan Kopi Kenangan? Dari pembukaan gerai tersebut, memberikan adanya perubahan baru menjadi “Kenangan Coffee”, guna menonjolkan brand “Kenangan” di sana.
Tentunya dengan harapan agar produsen bisa membuat konsumen merasa bahwa kopi yang diminumnya dibuat dengan rasa cinta. Pastinya ingin dijadikan sebagai sebuah kenangan indah agar terus diingat dan dicintai.
Inilah Tips Strategi Kopi Kenangan yang Layak untuk Diikuti
Terdapat banyak pelajaran yang bisa diambil sebagai tips untuk berbisnis dari brand Kopi Kenangan. Bacalah informasi dari kami berikut ini agar Anda bisa mengetahui atau bahkan menyusun strategi seperti tipsnya.
- Kunci utama mengembangkan bisnis terletak pada branding produk
Dilihat dari nama brand-nya, “Kopi Kenangan” berusaha menampilkan kesan yang dekat dengan para pelanggannya. Contoh kecil pada menunya ialah es kopi kenangan mantan, tentu sangat relevan dengan para target marketnya.
- Meraih peluang bisnis dari sisi mana saja
Awal mula pendiri memulai bisnisnya dimulai dari melihat antrean panjang dari bisnis minuman. Sampai akhirnya memberikan peluang untuk mencoba pada industri yang sama beserta strateginya.
- Ada kesempatan di tengah kesulitan saat menjalankan usaha
Dari kejadian pandemi membuat beberapa industri bisnis mengalami hambatan dalam menjalankan produksinya bahkan sampai gulung tikar. Berbeda dengan Kopi Kenangan, justru bangkit dan mencari celah peluang untuk bertahan.
Tips yang dapat Anda ambil dari gerai kopi tersebut bisa diikuti bila ingin memulai sebuah bisnis dalam bidang F&B. Layaknya Kopi Kenangan yang membuka banyak gerai mulai lokal sampai mancanegara.
